NkuCQmWxWJeSXeuAqt7LBjq580vp0ecgQCp0WTk2

Eits! Perhatikan Cara Belajarmu Ketika Sudah Kuliah dan Online Learning


Daya nalarmu dianggap tidak diragukan ketika sudah memasuki masa kuliah, di sana pikiranmu akan terbuka atau bahkan dipaksa dibuka secara vulgar oleh ilmu-ilmu sesungguhnya. Beradaptasi dari gaya belajar SMA menuju gaya belajar mandiri ala anak kuliah itu menjadi hal wajar dan wajib bagi kamu yang akan ataupun sudah menjalani masa perkuliahan. Tapi jangan khawatir, sungguh tak perlu diambil pusing.


Mari kita cari tahu bagaimana sih para anak-anak kuleyah bisa menjalani pembelajaran dengan baik bahkan saat kuliah yang lebih banyak dilakukan secara online saat ini, tentu dengan memperhatikan penyerapan ilmu atau materi. Meskipun, masa SMA sering dimanjakan oleh keadaan, tanpa berpikir pun tak ada kekhawatiran. Lantas, bagaimana dengan kuliah yang minim bimbingan, yaitu saat di mana nilai menjadi kejutan dari dosen ke murid atau mahasiswa yang dibawahinya. Kacau tuh pasti ya?!!


Emm, tapi tenang kamu akan diarahkan pada jalan yang baik ketika kamu membaca tulisanku ini. Aku beritahu nih lima tips belajar ala kuliah yang bisa kamu terapkan, simak di bawah ini ya!


1. Perhatikan Penjelasan Dosen

Mungkin terdengar klise, tapi ini adalah salah satu hal yang penting dalam menyerap ilmu, hal ini akan memudahkan menuju langkah-langkah selanjutnya. Seperti kita lihat banyak bukti-bukti nyata orang yang lebih memperhatikan akan lebih banyak mendapat informasi daripada yang kurang memperhatikan. Jadikanlah mata dan pendengaranmu lebih tajam dibanding teman-teman kuliahmu yang lain, kemudian catat poin-poin materi sembari memikirkannya.


Walaupun saat kuliah secara online bisa ditinggal, ingatkanlah diri sendiri kalau kita butuh penjelasan. Perhatikan baik-baik jangan terlena ya! Karena berdasarkan pengalaman umumnya dan juga sudah aku alami sendiri nih, banyak soal yang keluar di ujian merupakan potongan dari penjelasan-penjelasan dosen. Duh, bikin getun kalau sampai terlena, kalau perlu buat catatan yang rapi supaya menambah dorongan dalam belajar. Jadi, di sini dari memperhatikan kita bisa menyerap ilmu dengan baik.


2. Tulis Semua Tugas

Itu hanya hal sepele tapi yang termuat di sini adalah hal penting, tulislah tugas-tugas kamu dari setiap matakuliah mulai dari yang memiliki deadline paling dekat. Dari menulis tugas-tugas kita tahu mana yang harus diprioritaskan, kemudian kerjakan tugas-tugas itu! Karena tugas tidak bisa kerja sendiri wkwk.


Dalam mengerjakan kamu mungkin menemui suatu kebingungan cara mengerjakan? Ingat ya guys, banyak literatur tersedia secara cuma-cuma, maksimalkan internet dengan berkunjung dari web ke web, bisa juga cari seseorang yang sebidang contohnya kating (kakak tingkat) yang dianggap lebih menguasai, atau mungkin seseorang dari angkatanmu, teman kuliahmu sendiri. Usahakan jangan mencontek ya, selain bentuk dari kejujuran juga sebagai bentuk dalam menghormati proses.


3. Baca Materi

Tidak suka dengan suatu matakuliah atau malah tidak tahu apa yang dibahas selama kuliah. Ini harus segera diatasi, mulailah mencintai apa yang sedang kau jalani. Cobalah baca lebih dari satu literatur, siapa tahu kamu menemui sudut pandang baru yang cocok dengan karakter pikiranmu. Kamu bisa menelaah sendiri bahwa terkadang pembawaan dan cara penyampaian juga berpengaruh besar dalam daya tarik pikiran individu.


Ulangi-ulangi bacaan waktu demi waktu juga terkadang bisa merangsang daya pikir otakmu, mungkin bisa kamu coba asalkan dibarengi dengan ketekunan. Jangan lupakan keutamaan berdoa ya sebelum melakukan sesuatu, misalnya belajar dengan membaca materi seperti ini.


4. Ketahui Kriteria Dosen

Sekarang bukan saatnya lagi ada guru yang baik hati memberikan nilai ke murid walaupun sang murid justru jarang memperhatikannya penjelasan materi saat di kelas. Kalian akan menyadari dan akan diberikan suatu kesadaran kalau sistem penilaian dalam perkuliahan adalah secara dosen-sentris, di mana dosen punya karakter dan kendalinya sendiri.


Saat kamu sedang menjalani perkuliahan pahamilah mereka (dosen), apa sih poin penting dosen satu dengan dosen lain, bisa jadi ada dosen lebih fokus pada tugas, ada yang fokus ke-aktifan mahasiswa di kelasnya, ada juga yang mengandalkan nilai ujian dan ada yang baperan, serius ini ada kalau suka ya pasti kasih nilai A.


5. Jangan Terlalu Fokus dengan Nilai

Tanamkan pada diri kita bahwa kita kuliah bukan untuk nilai, tapi untuk ilmu. Nilai memang penting tapi ilmu jauh lebih penting, karena saat kita mempunyai nilai yang tinggi belum tentu kita mau berbagi, tapi jika ilmu yang lebih maka tak akan ada rasa pelit untuk berbagi.


Related Posts
brilliant.blog
"Jika kamu bukan pemanah yang jitu, pastikan kamu punya banyak anak panah untuk memanah satu sasaran"

Related Posts

Posting Komentar